Google Translate

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified
Russian Portuguese English French
German Spain Italian Dutch

Rabu, 23 November 2011

Linux


SEJARAH LINUX
Linux merupakan sistem operasi bertipe Unix. Unix sendiri merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT & T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an.
Linux  merupakan turunan dari unix dengan sistem berbasis GNU GPL(General Public License).
Unix diciptakan sebagai sistem operasi yang bisa beradaptasi dengan banyak mesin (Portable), serta memiliki kemampuan Multi-tasking dan Multi-user.
Nama “Linux” berasal dari nama kernel-nya yaitu “Linux kernel” yang dibuat pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Pada tahun 1996 Larry Ewing membuat gambar pinguin yang kemudian menjadi logo Linux dengan nama Tux ( Tux = Torvalds + Unix).

Gambar 1.2 Tux

      Sebagai Sistem operasi yang merupakan turunan Unix, maka Linux mewariskan karakteristik yang dimiliki oleh Unix. Berikut ini beberapa karakteristik milik Unix yang diwariskan oleh Linux.

1.  Read for Network
Pada awalnya Unix memang dikembangkan untuk sistem komunikasi anta komputer dalam jaringan.

2.  Multitasking
Multitasking merupakan suatu mekanisme dimana suatu sistem operasi memiliki kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu proses yang berbeda dalam waktu yang bersamaan tanpa saling mempengaruhi.

3.  Multiuser
Multiuser merupakan suatu mekanisme dimana suatu sistem operasi bisa digunakan oleh lebih dari satu user yang Login ke dalam sistem pada waktu yang bersamaan.

4.  Aman
Sistem operasi Linux memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan sistem opersi lainnya.

5.  Line/ Text Command Line
Metode Line/ Text Command Line ini mirip dengan DOS pada Windows, tapi bukan berarti sistem operasi Linux tidak memiliki tampilan GUI (Graphical User Interface).

Keunggulan Linux
1.     Free dan Open source
2.    Fasilitas aplikasi yang lengkap
3.    Stabil dan tangguh
4.    Ideal menjadi Server
5.    Paket distribusi yang bervariasi
6.    Sistem X Window yang istimewa
Desktop linux
Ø  KDE
KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan perangkat linax yang bernama Trolltech. KDE dikembangkan tidak hanya untuk Linux saja, tapi ada juga yang dkembangkan untuk Solaris, MacOS X dan Microsoft Windows.
Ø  GNOME
GNOME adalah lingkungan desktop yang sama dengan KDE namun berbeda dari segi sistem dan kemampuannya. GNOME tidak saja merupakan sebuah windows manager, tapi merupaknan sebuah sistem desktop yang mudah untuk berinteraksi dengan banyak sistem dan plantform.
Hal ini dikarenakan GNOME menggunakan CORBA ( Common Object Resource Broker Architecture). GNOME dibuat berdasarkan lisensi GNU, hal ini membuat GNOME lebih diterina dalam dunia open source jika dibandingkan dengan KDE .

PARTISI LINUX

Beberapa jenis partisi
PARTISI
sISTEM
Ext, ext2, ext3, ext4
Linux
FAT, FAT32
DOS, Widows 3.1/95/98/ME
FATX
Xbox Console
NTFS
Win NT/2000/XP/Server/Vista
MFS, HFS, HFS+
Mac OS
Netware File System, NSS
Novell Netware
UFS, UFS2
Unix BSD
ZFS
Solaris/ Open Solaris
         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar